Al-Qur’an Bahasa Indonesia Bacaan 30 Juz Dan Terjemahannya
Apabila memperhatikan dari pengertian secara umum bahwa al-qur’an memiliki arti sebagai wahyu dan firman allah swt yang di turunkan kepada baginda nabi dan rasul terakhir muhammad saw melalui malaikan jibril, untuk di jadikan sebagai pedoman serta petunjuk hidup seluruh umat manusia sepanjang zaman, yang mana jika dengan membacanya bisa menjadikan pahala. AL-qur’an menjadi satu di antara empat kitab suci taurat, zabur, injil dan al-qur’an yang terakhir di turunkan kepada para nabi dan rasul yang memuat berbagai hal yang berkaitan dengan hukum dan kehidupan manusia di mana segala permasalahan yang ada di dunia ini bisa di jawab dengan sangat relevan dengan ayat-ayat yang ada dalam al-qur’an tersebut.
Dalam sejarah di kenal bahwa al-quran sebagai kitab suci dan wahyu dari allah swt kepada nabi muhammad saw di sampaikan oleh malaikat jibril di gua hiro tepat pada tanggal 17 ramadhan ketika baginda nabi berusia 41 tahun, sehingga sampai sekarang malam tanggal tersebut di kenal sebagai malam nuzulul qur’an yang mana ayat pertama yang di sampaikan adalah surat al alaq ayat 1 sampai ayat 5 sedangkan yang terakhir di turunkan pada tanggal 9 zulhijjah tahun 10 hijriah yaitu surat al-maidah ayat 3. Namun pada rasulullah saw tulisan-tulisan al-qur’an tidak seperti sekarang yang sudah terbentuk dan tersusun dalam bentuk mushaf akan tetapi masih tertulis dalam batu-batu dan pelapah kurma.
Pada masa baginda nabi memang alqur’an belum tertulis dalam sebuah mushaf seperti saat ini, namun terjadinya pemushafan yaitu pada masa kehalifahan di mana menurut sejarah ketika baginda nabi saw wafat orang-orang muslim banyak yang kembali pada kekufuran serta terjadi peperangan yang banyak menewasan para qori dan penghafal alqur’an, karena di khawatirkan punah dan tidak terjaga lantas sayyidina umar memberi usulan kepada khalifah Abu Bakar untuk membukukan al-qur’an, dan abu bakar pun menyerahkan urusan tersebut kepada Zaid Bin Tsabit. Jadi jika melihat dari sejarah bahwa al-qur’an ini bukan di mushafkan semasa nabi tetapi terjadinya pemushafan sejak masa khalifah abu bakar melalui usulan dari sayyidina umat yang di bukukan oleh Zaid Bin Tsabit.
Dalam sejarah di kenal bahwa al-quran sebagai kitab suci dan wahyu dari allah swt kepada nabi muhammad saw di sampaikan oleh malaikat jibril di gua hiro tepat pada tanggal 17 ramadhan ketika baginda nabi berusia 41 tahun, sehingga sampai sekarang malam tanggal tersebut di kenal sebagai malam nuzulul qur’an yang mana ayat pertama yang di sampaikan adalah surat al alaq ayat 1 sampai ayat 5 sedangkan yang terakhir di turunkan pada tanggal 9 zulhijjah tahun 10 hijriah yaitu surat al-maidah ayat 3. Namun pada rasulullah saw tulisan-tulisan al-qur’an tidak seperti sekarang yang sudah terbentuk dan tersusun dalam bentuk mushaf akan tetapi masih tertulis dalam batu-batu dan pelapah kurma.
Pada masa baginda nabi memang alqur’an belum tertulis dalam sebuah mushaf seperti saat ini, namun terjadinya pemushafan yaitu pada masa kehalifahan di mana menurut sejarah ketika baginda nabi saw wafat orang-orang muslim banyak yang kembali pada kekufuran serta terjadi peperangan yang banyak menewasan para qori dan penghafal alqur’an, karena di khawatirkan punah dan tidak terjaga lantas sayyidina umar memberi usulan kepada khalifah Abu Bakar untuk membukukan al-qur’an, dan abu bakar pun menyerahkan urusan tersebut kepada Zaid Bin Tsabit. Jadi jika melihat dari sejarah bahwa al-qur’an ini bukan di mushafkan semasa nabi tetapi terjadinya pemushafan sejak masa khalifah abu bakar melalui usulan dari sayyidina umat yang di bukukan oleh Zaid Bin Tsabit.
Gambar Al-Qur'an
Dari masa-kemasa al-qur’an sebagai kitab suci umat islam seluruh dunia masih di pegang dan di kaji secara rutin serta di jadikan sebagai rujukan atau pedoman berbagai permasalahan hidup atau di jadikan sebagai rujukan dalam memecahkan berbagai permaslaahan baik itu yang berkaitan dengan hukum atau tatanan hidup. Sebab kesempurnaan al-qur’an di yakini paling bijak dan tidak ada satu pun aturan-aturan yang lebih baik di banding dengan apa yang tersaji dalam ayat-ayat al-qur’an, bahkan keakuratan aturan-aturan dalam al-qur’an akan selalu sejalan dengan keadaan waktu dan kondisi, apa pun itu jamannya kitab suci umat islam ini akan selalu tepat di jadikan pedoman kehidupan.
Dari masa-kemasa al-qur’an sebagai kitab suci umat islam seluruh dunia masih di pegang dan di kaji secara rutin serta di jadikan sebagai rujukan atau pedoman berbagai permasalahan hidup atau di jadikan sebagai rujukan dalam memecahkan berbagai permaslaahan baik itu yang berkaitan dengan hukum atau tatanan hidup. Sebab kesempurnaan al-qur’an di yakini paling bijak dan tidak ada satu pun aturan-aturan yang lebih baik di banding dengan apa yang tersaji dalam ayat-ayat al-qur’an, bahkan keakuratan aturan-aturan dalam al-qur’an akan selalu sejalan dengan keadaan waktu dan kondisi, apa pun itu jamannya kitab suci umat islam ini akan selalu tepat di jadikan pedoman kehidupan.
Baca Juga:99 Asmaul Husna : Arti, Keutamaan, Khasiat Beserta Maknanya Secara Lengkap
Jika beberapa tahun tahun kebelakang, sebagian besar umat muslim apabila ingin membaca atau mengetahui terjemahan hingga mengkaji al-qur’an lebih dalam maka hanya bisa melihat dari mushaf-mushaf, sehingga hampir di tiap rumah pasti memiliki minimal paling sedikit 1 al-quran. Namun sekarang ini tulisan teks dari ayat-ayat al-qur’an sudah banyak tersaji dalam berbagai media yang bisa di download berupa aplikasi lewat beragam perangkat bahkan lengkap dengan penerangan dan penjelasannya. Akan tetapi harus di pahami untuk bisa menggali makna dan tujuan yang ada dalam al-qur’an harus melalui guru atau para kiyai yang ahli di bidangnya sebab bahasa-bahasa dari al-qur’an tidak akan bisa di pahami jika tidak di sertai ilmunya.
No | Nama Surat | Arab | Artinya | Jumlah Ayat | Tempat Turun | Urutan Pewahyuan |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | Surah Al-Fatihah | الفاتحة | Pembukaan | 7 | Mekkah | 5 |
2 | Surah Al-Baqarah | البقرة | Sapi Betina | 286 | Madinah | 87 |
3 | Surah Ali ‘Imran | آل عمران | Keluarga ‘Imran | 200 | Madinah | 89 |
4 | Surah An-Nisa’ | النّساء | Wanita | 176 | Madinah | 92 |
5 | Surah Al-Ma’idah | المآئدة | Jamuan (hidangan makanan) | 120 | Madinah | 112 |
6 | Surah Al-An’am | الانعام | Binatang Ternak | 165 | Mekkah | 55 |
7 | Surah Al-A’raf | الأعراف | Tempat yang tertinggi | 206 | Mekkah | 39 |
8 | Surah Al-Anfal | الأنفال | Harta rampasan perang | 75 | Madinah | 88 |
9 | Surah At-Taubah | التوبة | Pengampunan | 129 | Madinah | 113 |
10 | Surah Yunus | ينوس | Nabi Yunus | 109 | Mekkah | 51 |
11 | Surah Hud | هود | Nabi Hud | 123 | Mekkah | 52 |
12 | Surah Yusuf | يسوف | Nabi Yusuf | 111 | Mekkah | 53 |
13 | Surah Ar-Ra’d | الرّعد | Guruh (petir) | 43 | Mekkah | 96 |
14 | Surah Ibrahim | إبراهيم | Nabi Ibrahim | 52 | Mekkah | 72 |
15 | Surah Al-Hijr | الحجر | Al Hijr (nama gunung) | 99 | Mekkah | 54 |
16 | Surah An-Nahl | النّحل | Lebah | 128 | Mekkah | 70 |
17 | Surah Al-Isra’ | بني إسرائيل | Memperjalankan di waktu malam | 111 | Mekkah | 50 |
18 | Surah Al-Kahf | الكهف | Penghuni-penghuni gua | 110 | Mekkah | 69 |
19 | Surah Maryam | مريم | Maryam (Maria) | 98 | Mekkah | 44 |
20 | Surah Ta Ha | طه | Ta Ha | 135 | Mekkah | 45 |
21 | Surah Al-Anbiya | الأنبياء | Nabi-Nabi | 112 | Mekkah | 73 |
22 | Surah Al-Hajj | الحجّ | Haji | 78 | Madinah & Makkah | 103 |
23 | Surah Al-Mu’minun | المؤمنون | Orang-orang mukmin | 118 | Mekkah | 74 |
24 | Surah An-Nur | النّور | Cahaya | 64 | Madinah | 102 |
25 | Surah Al-Furqan | الفرقان | Pembeda | 77 | Mekkah | 42 |
26 | Surah Asy-Syu’ara’ | الشّعراء | Penyair | 227 | Mekkah | 47 |
27 | Surah An-Naml | النّمل | Semut | 93 | Mekkah | 48 |
28 | Surah Al-Qasas | القصص | Cerita | 88 | Mekkah | 49 |
29 | Surah Al-‘Ankabut | العنكبوت | Laba-laba | 69 | Mekkah | 85 |
30 | Surah Ar-Rum | الرّوم | Bangsa Romawi | 60 | Mekkah | 84 |
31 | Surah Luqman | لقمان | Keluarga Luqman | 34 | Mekkah | 57 |
32 | Surah As-Sajdah | السّجدة | Sajdah | 30 | Mekkah | 75 |
33 | Surah Al-Ahzab | الْأحزاب | Golongan-Golongan yang bersekutu | 73 | Madinah | 90 |
34 | Surah Saba’ | سبا | Kaum Saba’ | 54 | Mekkah | 58 |
35 | Surah Fatir | فاطر | Pencipta | 45 | Mekkah | 43 |
36 | Surah Ya Sin | يس | Yaasiin | 83 | Mekkah | 41 |
37 | Surah As-Saffat | الصّافات | Barisan-barisan | 182 | Mekkah | 56 |
38 | Surah Sad | ص | Shaad | 88 | Mekkah | 38 |
39 | Surah Az-Zumar | الزّمر | Rombongan-rombongan | 75 | Mekkah | 59 |
40 | Surah Al-Mu’min | المؤمن | Orang yg Beriman | 85 | Mekkah | 60 |
41 | Surah Fussilat | فصّلت | Yang dijelaskan | 54 | Mekkah | 61 |
42 | Surah Asy-Syura | الشّورى | Musyawarah | 53 | Mekkah | 62 |
43 | Surah Az-Zukhruf | الزّخرف | Perhiasan | 89 | Mekkah | 63 |
44 | Surah Ad-Dukhan | الدّخان | Kabut | 59 | Mekkah | 64 |
45 | Surah Al-Jasiyah | الجاثية | Yang bertekuk lutut | 37 | Mekkah | 65 |
46 | Surah Al-Ahqaf | الَأحقاف | Bukit-bukit pasir | 35 | Mekkah | 66 |
47 | Surah Muhammad | محمّد | Muhammad | 38 | Madinah | 95 |
48 | Surah Al-Fath | الفتح | Kemenangan | 29 | Madinah | 111 |
49 | Surah Al-Hujurat | الحجرات | Kamar-kamar | 18 | Madinah | 106 |
50 | Surah Qaf | ق | Qaaf | 45 | Mekkah | 34 |
51 | Surah Az-Zariyat | الذّاريات | Angin yang menerbangkan | 60 | Mekkah | 67 |
52 | Surah At-Tur | الطّور | Bukit | 49 | Mekkah | 76 |
53 | Surah An-Najm | النّجْم | Bintang | 62 | Mekkah | 23 |
54 | Surah Al-Qamar | القمر | Bulan | 55 | Mekkah | 37 |
55 | Surah Ar-Rahman | الرّحْمن | Yang Maha Pemurah | 78 | Madinah & Mekkah | 97 |
56 | Surah Al-Waqi’ah | الواقعه | Hari Kiamat | 96 | Mekkah | 46 |
57 | Surah Al-Hadid | الحديد | Besi | 29 | Madinah | 94 |
58 | Surah Al-Mujadilah | المجادلة | Wanita yang mengajukan gugatan | 22 | Madinah | 105 |
59 | Surah Al-Hasyr | الحشْر | Pengusiran | 24 | Madinah | 101 |
60 | Surah Al-Mumtahanah | الممتحنة | Wanita yang diuji | 13 | Madinah | 91 |
61 | Surah As-Saff | الصّفّ | Satu barisan | 14 | Madinah | 109 |
62 | Surah Al-Jumu’ah | الجمعة | Hari Jum’at | 11 | Madinah | 110 |
63 | Surah Al-Munafiqun | المنافقون | Orang-orang yang munafik | 11 | Madinah | 104 |
64 | Surah At-Tagabun | التّغابن | Hari dinampakkan kesalahan-kesalahan | 18 | Madinah | 108 |
65 | Surah At-Talaq | الطّلاق | Talak | 12 | Madinah | 99 |
66 | Surah At-Tahrim | التّحريم | Mengharamkan | 12 | Madinah | 107 |
67 | Surah Al-Mulk | الملك | Kerajaan | 30 | Mekkah | 77 |
68 | Surah Al-Qalam | القلم | Pena | 52 | Mekkah | 2 |
69 | Surah Al-Haqqah | الحآقّة | Hari kiamat | 52 | Mekkah | 78 |
70 | Surah Al-Ma’arij | المعارج | Tempat naik | 44 | Mekkah | 79 |
71 | Surah Nuh | نوح | Nuh | 28 | Mekkah | 71 |
72 | Surah Al-Jinn | الجنّ | Jin | 28 | Mekkah | 40 |
73 | Surah Al-Muzzammil | المزمّل | Orang yang berselimut | 20 | Mekkah | 3 |
74 | Surah Al-Muddassir | المدشّر | Orang yang berkemul | 56 | Mekkah | 4 |
75 | Surah Al-Qiyamah | القيمة | Hari Kiamat | 40 | Mekkah | 31 |
76 | Surah Al-Insan | الْاٍنسان | Manusia | 31 | Madinah | 98 |
77 | Surah Al-Mursalat | المرسلات | Malaikat-Malaikat Yang Diutus | 50 | Mekkah | 33 |
78 | Surah An-Naba’ | النّبا | Berita besar | 40 | Mekkah | 80 |
79 | Surah An-Nazi’at | النّازعات | Malaikat-Malaikat Yang Mencabut | 46 | Mekkah | 81 |
80 | Surah ‘Abasa | عبس | Ia Bermuka masam | 42 | Mekkah | 24 |
81 | Surah At-Takwir | التّكوير | Menggulung | 29 | Mekkah | 7 |
82 | Surah Al-Infitar | الانفطار | Terbelah | 19 | Mekkah | 82 |
83 | Surah Al-Tatfif | المطفّفين | Orang-orang yang curang | 36 | Mekkah | 86 |
84 | Surah Al-Insyiqaq | الانشقاق | Terbelah | 25 | Mekkah | 83 |
85 | Surah Al-Buruj | البروج | Gugusan bintang | 22 | Mekkah | 27 |
86 | Surah At-Tariq | الطّارق | Yang datang di malam hari | 17 | Mekkah | 36 |
87 | Surah Al-A’la | الْأعلى | Yang paling tinggi | 19 | Mekkah | 8 |
88 | Surah Al-Gasyiyah | الغاشية | Hari Pembalasan | 26 | Mekkah | 68 |
89 | Surah Al-Fajr | الفجر | Fajar | 30 | Mekkah | 10 |
90 | Surah Al-Balad | البلد | Negeri | 20 | Mekkah | 35 |
91 | Surah Asy-Syams | الشّمس | Matahari | 15 | Mekkah | 26 |
92 | Surah Al-Lail | الّيل | Malam | 21 | Mekkah | 9 |
93 | Surah Ad-Duha | الضحى | Waktu matahari sepenggalahan naik (Dhuha) | 11 | Mekkah | 11 |
94 | Surah Al-Insyirah | الانشراح | Melapangkan | 8 | Mekkah | 12 |
95 | Surah At-Tin | التِّينِ | Buah Tin | 8 | Mekkah | 28 |
96 | Surah Al-‘Alaq | العَلَق | Segumpal Darah | 19 | Mekkah | 1 |
97 | Surah Al-Qadr | الْقَدْرِ | Kemuliaan | 5 | Mekkah | 25 |
98 | Surah Al-Bayyinah | الْبَيِّنَةُ | Pembuktian | 8 | Madinah | 100 |
99 | Surah Az-Zalzalah | الزلزلة | Kegoncangan | 8 | Mekkah | 93 |
100 | Surah Al-‘Adiyat | العاديات | Berlari kencang | 11 | Mekkah | 14 |
101 | Surah Al-Qari’ah | القارعة | Hari Kiamat | 11 | Mekkah | 30 |
102 | Surah At-Takasur | التكاثر | Bermegah-megahan | 8 | Mekkah | 16 |
103 | Surah Al-‘Asr | العصر | Masa/Waktu | 3 | Mekkah | 13 |
104 | Surah Al-Humazah | الهُمَزة | Pengumpat | 9 | Mekkah | 32 |
105 | Surah Al-Fil | الْفِيلِ | Gajah | 5 | Mekkah | 19 |
106 | Surah Quraisy | قُرَيْشٍ | Suku Quraisy | 4 | Mekkah | 29 |
107 | Surah Al-Ma’un | الْمَاعُونَ | Barang-barang yang berguna | 7 | Mekkah | 17 |
108 | Surah Al-Kausar | الكوثر | Nikmat yang berlimpah | 3 | Mekkah | 15 |
109 | Surah Al-Kafirun | الْكَافِرُونَ | Orang-orang kafir | 6 | Mekkah | 18 |
110 | Surah An-Nasr | النصر | Pertolongan | 3 | Madinah | 114 |
111 | Surah Al-Lahab | المسد | Gejolak Api/ Sabut | 5 | Mekkah | 6 |
112 | Surah Al-Ikhlas | الإخلاص | Ikhlas | 4 | Mekkah | 22 |
113 | Surah Al-Falaq | الْفَلَقِ | Waktu Subuh | 5 | Mekkah | 20 |
114 | Surah An-Nas | النَّاسِ | Manusia | 6 | Mekkah | 21 |
Pengertian Al-Qur’an
Adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad, yang menjadi mukjizat bagi beliau, serta membacanya adalah suatu ibadah. Dan merupakan firman Tuhan yang harus disampaikan, sebagai tugas kerasulan beliau. Selanjutnya, para sahabat berbondong-bondong mulai menghafal Al-Qur’an, serta sebagian menulisnya di berbagai medium sesuai dengan teknologi yang ada di masyarakat Arab waktu itu. Selanjutnya, Al-Qur’an ini juga mulai disusun pada masa-masa Khulafaur Rasyidin pascawafatnya beliau, dan usai pada masa Khalifah Utsman bin Affan radliyallahu ‘anhu.
Adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad, yang menjadi mukjizat bagi beliau, serta membacanya adalah suatu ibadah. Dan merupakan firman Tuhan yang harus disampaikan, sebagai tugas kerasulan beliau. Selanjutnya, para sahabat berbondong-bondong mulai menghafal Al-Qur’an, serta sebagian menulisnya di berbagai medium sesuai dengan teknologi yang ada di masyarakat Arab waktu itu. Selanjutnya, Al-Qur’an ini juga mulai disusun pada masa-masa Khulafaur Rasyidin pascawafatnya beliau, dan usai pada masa Khalifah Utsman bin Affan radliyallahu ‘anhu.
Keterangan Tentang Ketentuan Khusus Yang Terdapat Pada Alquran
Penjelasan Syekh Muhammad Al Maliki, ada beberapa hal yang patut kita cermati tentang perbedaan Al-Qur’an dan Hadits Qudsi:
Penjelasan Syekh Muhammad Al Maliki, ada beberapa hal yang patut kita cermati tentang perbedaan Al-Qur’an dan Hadits Qudsi:
1.
Al-Qur’an adalah mukjizat yang terjaga sepanjang masa dari segala
pengubahan, serta lafal dan seluruh isinya sampai taraf hurufnya,
tersampaikan secara mutawatir.
2. Al-Qur’an tidak boleh diriwayatkan maknanya saja. Ia harus dihafalkan sebagaimana adanya. Berbeda dengan hadits Qudsi, yang bisa sampai kepada kita dalam hadits yang diriwayatkan secara makna saja. Pun ia masih bisa dikritik secara sanad dan matan sebagaimana hadits-hadits lainnya.
3. Dalam mazhab Syafi’i, Mushaf Al-Qur’an tidak boleh dipegang dalam keadaan berhadats kecil, serta tidak boleh dibaca saat berhadats besar. Sedangkan pada hadits Qudsi, secara hukum, ia boleh dibaca dalam kondisi berhadats.
4. Hadits Qudsi tentu tidak dibaca saat shalat, berbeda dengan ayat Al-Qur’an.
5. Membaca Al-Qur’an, membacanya adalah ibadah, dan setiap huruf diganjar sepuluh kebaikan, sebagaimana disebutkan dalam banyak hadits.
6. Al-Qur’an adalah sebutan yang memang berasal dari Allah, beserta nama-nama Al-Qur’an yang lainnya.
7. Al-Qur’an tersusun dalam susunan ayat dan surat yang telah ditentukan.
8. Lafal dan makna Al-Qur’an sudah diwahyukan secara utuh kepada Nabi Muhammad, sedangkan lafal hadits Qudsi bisa hanya diriwayatkan oleh para periwayat secara makna.
2. Al-Qur’an tidak boleh diriwayatkan maknanya saja. Ia harus dihafalkan sebagaimana adanya. Berbeda dengan hadits Qudsi, yang bisa sampai kepada kita dalam hadits yang diriwayatkan secara makna saja. Pun ia masih bisa dikritik secara sanad dan matan sebagaimana hadits-hadits lainnya.
3. Dalam mazhab Syafi’i, Mushaf Al-Qur’an tidak boleh dipegang dalam keadaan berhadats kecil, serta tidak boleh dibaca saat berhadats besar. Sedangkan pada hadits Qudsi, secara hukum, ia boleh dibaca dalam kondisi berhadats.
4. Hadits Qudsi tentu tidak dibaca saat shalat, berbeda dengan ayat Al-Qur’an.
5. Membaca Al-Qur’an, membacanya adalah ibadah, dan setiap huruf diganjar sepuluh kebaikan, sebagaimana disebutkan dalam banyak hadits.
6. Al-Qur’an adalah sebutan yang memang berasal dari Allah, beserta nama-nama Al-Qur’an yang lainnya.
7. Al-Qur’an tersusun dalam susunan ayat dan surat yang telah ditentukan.
8. Lafal dan makna Al-Qur’an sudah diwahyukan secara utuh kepada Nabi Muhammad, sedangkan lafal hadits Qudsi bisa hanya diriwayatkan oleh para periwayat secara makna.
Semoga
pahala yang terdapat pada penjelasan al-qur’an bahasa indonesia bacaan
30 juz dan terjemahannya bisa menjadi amal shalih yang senantiasa
memberikan cahaya dan obat bagi kita semua, disamping bisa membaca,
mendengar juga bisa mengamlkannya, tuntunan ayat suci Alquran ini
merupakan salah satu landasan, sumber dan juga pedoman dalam hiduap dan
kehidupan sehari-hari bagi setiap umat muslim.
Penelusuran yang terkait dengan Al-Qur’an Bahasa Indonesia Bacaan 30 Juz Dan Terjemahannya
- al quran 30 juz dan terjemahan
- bacaan al quran dan terjemahan indonesia
- tulisan alquran 30 juz dan terjemahannya
- alquran dan terjemahannya dalam bahasa indonesia
- tulisan al quran juz 1-30
- al quran dan terjemahan mp3
- download al quran dan terjemahannya untuk pc
- al quran 30 juz full
Posting Komentar untuk "Al-Qur’an Bahasa Indonesia Bacaan 30 Juz Dan Terjemahannya"